1.

1  RUMUSAN MASALAH            Berdasarkan latar belakang yang telahdiuraikan di atas, maka dapat dibuat rumusan masalah untuk melakukan penelitianlebih lanjut di lapang yaitu : 1.      Bagaimana proses modernisasi sehinggamemberikan dampak negatif pada pertanian di Indonesia? 2.      Bagaimana solusi mengahadapi arus modernisasiagar pertanian Indonesia terus berkembang dengan meminimalisasi dampaknegatifnya? 1.2  LANDASAN TEORI1.2.1       PengertianModernisasiModernisasi adalah proses keseluruhan yangmempengaruhi bidang ekonomi, politik, dan organisasi sosial seluruh subsistemdari masyarakat. Terjadinya transformasi yang drastis dalam ukuran, pertumbuhandan komposisi serta distribusi ekologi dari populasi merupakan asperk pentingdari modernisasi sosial (Germani,1981 yang dikutip oleh Wisadirana, 2004, p.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

70).Tradisional adalah mengacu kepada hakekatkebiasaan yang dilakukan oleh leluhur dan diperthankan oleh warga masyarakat,sedangkan modern menunjuk kepada sifat kemajuan atau progress ( yudistira,199 yang dikutip oleh Wisadirana, 2004, p. 68)Modernisasi merupakan suatu proses perubahandari tradisional menuju ke modern yang memengaruhi aspek sosial, ekonomi, danbudaya.

1.2.2       Dampak Modernisasibagi Pertanian di Indonesia1.     Dampakpositif : a.      Adanyateknologi yang mempermudah kerja petanib.     Peningkatanpendapatan petanic.

      Peningkatanproduktivitas lahan2.     DampakNegatif:a.      Bertambahnyapengangguranb.     Mengubahpola pikir petani dan generasi muda untuk bekerja pada sektor non pertanianc.      Lunturnyakebudayaan petanid.     Menimbulkansifat individualisme pada petani DAFTARRUJUKANRifkian,B.

E,Suharso,P, Sudikin. 2017. Modernisasi Pertanian: Studi Kasus Tentang PeluangKerja Dan Pendapatan Petani Dalam Sistem Pertanian Di Desa DukuhdempokKecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. https://jurnal.unej.

ac.id/index.php/JPE/article/view/4995/3681diakses pada tanggal 21 Desember2017.Wisadirana,D.

2004.Sosiologi Pedesaan : Kajian Kutural dan Struktural Masyarakat Pedesaan. Malang,Indonesia: UMM press